3 PERKARA YANG SELALU DI PUNGKIRI MANUSIA

MOTIFASI DIRI

Sedikit cerita tentang kehidupan manusia di dunia
Ketika roh manusia masih di genggaman Allah swt,dan sebelum dia di tiupkan kedalam jasad yang telah Allah swt tentukan. Maka ketika itu Allah telah menetapkan tiga perkara atas nya, yakni tentang ajal,jodoh dan rezeki.
Maka ketika roh tersebut menjadi manusia di duni,terkadang mereka masih mempermasalahkan tentang perkara-perkara yang sudah Allah tetapkan. Bahkan sering terucap di benak kita akan ketidak adilan Allah terhadap kita karena masalah,musiba ataupun kekurangan terhadap hidup kita.
Dengan mempermasalahkan atas ketetapan Allah tersebut secara tidak sadar kita telah melupakan hakikat kita di ciptakan Allah dan diturunkannya ke dunia,kita telah lupa bahwa kehidupan yang sesungguhnya ialah kehidupan akhirat.
Lantas mengapa kita harus mengingkarinya, dan Allah tlah berfirman:
"Dan di antara manusia ada yang menyembah Allah hanya di tepi,maka jika dia memperoleh kebajikan dia merasa puas dan jika dia ditimpa suatu cobaan,dia berbalik ke belakang,dia rugi di dunia dan di akhirat,itulah kerugian yang nyata"
(QS.al-hajj:11)

ALLAH TELAH MENETAPKAN AJAL MANUSIA
Sebelum kita terlahir kedunia Allah swt telah menetapkan akan kematian (ajal) kita,
Allah telah berfirman:
"Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati,kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan dan kamu akan di kembalikan hanya kepada kami."
(QS.al-anbiya:35)
Ketika Allah memberikan suatu cobaan kepada kita,baik itu dengan kebaikan,keburukan dan bahkan dengan kematian. Sesungguhnya ketika itu Allah sedang menguji kita,sebatas mana kekuatan iman dan kesabaran kita.
Terkadang kita selalu berprasangka buruk terhadap Allah swt. Lihatlah ketika seseorang yang sangat kita sayangi baik itu orang tua,saudara atau pun teman dekat kita,
Ketika mereka hilang dari kehidupan kita,perasaan hancur dan fikiran yang penuh emosi pun tak lepas dari diri kita. Sedikit bertanya dalam hati kita, mengapa semuanya harus terjadi dan harus secepat itu.
Tetapi semua itu di mata Allah adalah suatu ketetapan yang telah pasti,semua yang terjadi dalam hidup manusia tak lepas dari ketetapan yang telah di janjikannya.
Allah berfirman:
"Kami telah menetukan kematian masing-masing kamu dan kami tidak lemah"
(QS.al-waqi'ah:60)

ALLAH TELAH MENETAPKAN JODOH MANUSIA
jika kita melihat dari sebagian ciptaan Allah, semuanya selalu tercipta dengan berpasangan. Ketika Allah menciptakan Adam lantas setelah itu ia (Allah) menciptakan hawa sebagai pasangannya,lihatlah ketika Allah menciptakan malam,maka sianglah yang menjadi pasangannya,bahkan ketika Allah menciptakan surga lalu ia menciptakan neraka sebagai penyeimbangnya,
Lantas kita sebagai ciptaan Allah yang paling sempurna sudah tentu pasti Allah telah menyediakan pasangan hidup kita jauh sebelum kita dilahirkan ke dunia.
Allah berfirman:
"Dan segala sesuatu kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah)".
QS.az-zariat:49
Lantas dari itu apa yang harus kita risaukan ketika jodoh yang telah di siapkan Allah tak kunjung menemui kita. Karna Allah telah mengatur semua tentang konsep hidup manusia,hanya saja kita harus tetap istiqomah di jalan Allah untuk mempersiapkan diri dan tetap berikhtiar agar Allah memberikan jodoh terbaik yang telah di siapkannya untuk menjadi pasangan hidup kita di dunia dan di akhirat.

●ALLAH TELAH MENETAPKAN REZEKI MANUSIA
Inilah sebagian kecil dari kebesaran Allah,sebagian kecil dari kekayaan Allah untuk ciptaannya di dunia,dan sebagian kecil dari kasih sayanh Allah terhadap mahluk ciptaannya.
Rezeki Allah di kehidupan manusia sudah tak dapat terhitung lagi dalm bilangan berapapun,dari ketika manusia masih berada di alam rahim ibunya,Allah sudah memberikan rezeki kapada janin tersebut.
Lihatlah betapa hebatnya Allah memberikan rezeki kepada cacing yang berada di dalam tanah,betapa hebatnya Allah yang menurunkan hujan dan menjadikannya tawar yang dari itu di jadikannya buah-buahan sebagai rezeki untuk seluruh ciptaannya.
Allah berfirman:
"Dan tidak ada satupun mahluk yang bergerak (bernyawa)di bumi melainkan semuanya di jamin Allah rezekinya dia mengetahiu tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya,semua (tertulis) dalam kitabnya yang nyata (lauh mahfuz)"
QS.hud:6
Mengapa sedikit sekali dari kita yang bersyukur atas semuanya, bukankah semua itu sebagian dari kasih sayang Allah terhadap ciptaannya yang  diberikannya secara cuma-cuma, mengapa bukan kesabaran dan tawakal yang  harus kita lakukan ketika cobaan Allah menghampiri kita.
Lihatlah betapa adilnya Allah kepada mahluknya yang kafir,Allah tetap memberikannya rezeki ketika di dunia walaupun ia tidak pernah menyembah Allah, dan Allah tetap memberikannya rezeki meskipun ia telah mencoba  untuk membunuh orang-orang yang sangat Allah cintai, lantas kita sebagi hamba Allah yang selalu mengagungkan nama Allah mengapa harus risau akan kekurangan itu.



"Ya Allah.... aku bersyukur atas kehidupan yang telah kau berikan hingga saat ini.
Ya Allah..... aku besyukur atas nikmat yang telah kau berikan sampai saat ini dan aku bersyukur atas segala rahmat,hidayah dan karuniamu hingga kau menjadikan aku sebagai hambaMU"


Comments

Popular posts from this blog

"ULAMA" AKHIR ZAMAN

AGUNGnya HARI JUM'AT