AGUNGnya HARI JUM'AT

     Ketahuilah, bahwa sesungguhnya ini adalah hari yang agung, Allah mengagungkan islam dan mengistimewakan orang-orang islam dengan hari jum'at.
Allah swt berfirman:
"Apabila diseru menunaikan salat pada hari jum'at,maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli."
(QS.AL-JUM'AH:9)

Nabi Muhammad saw.bersabda,"barang siapa yang meninggalkan jum'at tiga kali,dengan tanpa uzur, maka Allah akan mencap(menutup)hatinya."
Dalam sebuah lafal yang lain di katakan,"maka sungguh dia telah mencampakkan islam di belakang punggungnya."

      Ada seorang laki-laki berselisih dengan ibnu abbas. Dia bertanya kepada ibnu abbas mengenai seorang laki-laki yang mati dan tidak pernah menghadiri jum'at maupun jamaah. Ibnu abbas berkata,"Di dalam neraka." Lalu tidak hentinya laki-laki itu hilir mudik selama sebulan dengan bertanya mengenai hal itu. Dia tetap berkata,"di dalam neraka." Di dalam Al-Khaibar dikatakan,"sesungguhnya orang-orang yang memiliki dua buah kitab telah di beri hari jum'at. Mereka berselisih dan berpaling darinya. Allah telah menunjukkan kita kepada hari itu dan Dia mengakhirkannya untuk umat ini serta menjadikannya sebagai hari raya. Jadi, mereka adalah manusia yang paling berhak dengan hari itu lebih dahulu dan orang-orang yang memiliki duah buah Al-Kitab itu menyusul mereka.
Nabi Muhammad Saw bersabda," Datanglah jibril padaku dan di telapak tangannya terdapat cermin yang putih dan berkata," ini adalah jum'at, Tuhanmu memfardhukannya  kepadamu agar menjadi hari raya bagimu dan bagi umat mu sepeninggalan mu." Aku berkata," lalu apa yang ada bagi kami  di hari itu." Dia berkata," kamu memiliki sebuah saat yang paling baik, barang siapa yang berdo'a dengan kebaikan yang di bagikannya, maka Allah akan memberinya kebaikan dan tidak ada bagian yang di simpan untuknya yang lebih agung dari itu, atau dia berlindung dari kejelekan yang telah tertulis atas dia, kecuali Allah akan melindunginya dari yang lebih besar dari itu. Dia adalah pemimpin semua hari  dan kita akan menyebutnya besok pada hari akhirat dengan "hari tambahan". Aku berkata " mengapa begitu." Jibril berkata,"sesungguhnya Tuhanmu Azza wa jalla telah membuat sebuah lembah yang lebih semerbak dari pada misik dan juga lebih putih. Lalu apabila datang hari jum'at, maka Allah swt. Turun dari Illiyin ke atas kursi-nya dan melihat kepada mereka, sehingga mereka memandang kepada Zat-nya yang agung."
Nabi Muhammad saw. Bersabda," sebaik-baik hari pada terbit matahari adalah hari jum'at, di hari itu Adam as.di ciptakan,di masukkan ke surga,diturunkan ke bumi,di terima tobatnya,hari kematiannya dan akan berdiri kiamat. Hari itu di sisi Allah adalah hari penambahan. Demikianlah malaikat-malaikat menyebutnya di langit. Dan juga hari melihat kepada Allah swt."

     Di sebutkan dalam Al-khaibar,"sesungguhnya Allah swt membebaskan setiap jum'at enam ratus ribu orang dari neraka." Di dalam hadis Anas ra. Dikatakan bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw.bersabda,"Apabila hari jum'at selamat,maka selamat pula semua hari."Nabi Muhammad saw.bersabda,"Sesungguhnya neraka jahim itu menyala setiap hari sebelum zawal (matahari tergelincir di tengah langit), yaitu pada waktu istiwa' (matahari di tengah langit) dalam jantung langit. Maka janganlah kamu salat saat ini, kecuali hari jum'at, karena hari itu waktu salat dan sesungguhnya jahanam tidak menyala pada hari itu."
Ka'b berkata, "sesungguhnya Allah swt telah mengutamakan makkah di antara beberapa negri, Rhamadan di antara beberapa bulan, dan jum'at di antara hari-hari, serta lailatul-qadar diantara malam-malam." Di katakan, " sesungguhnya burung-burung dan bangsa serangga bertemu satu dengan yang lain pada hari jum'at. Mereka berkata, " selamat,selamat,ini adalah hari yang bagus jum'at atau malam jum'at, maka di tuliskan baginya pahala orang yang mati syahid dan dipelihara dari siksa kubur.





Semoga kita menjadi orang-orang yang mengagungkan hari yang agung(jum'at).









Comments

Popular posts from this blog

Kisah wanita penyisir putri fir'aun

BULAN RAMADHAN YANG AGUNG

PERINGATAN AZAB JAHANAM