Kisah wanita penyisir putri fir'aun

Inilah kisah seorang wanita yang di bakar oleh thaghut fir'aun.fir'aun juga membakar anak-anak wanita tersebut dalam sebuah wadah mirip tungku yang besar.Aroma tubuh yang terbakar menyebar ke setiap sudut, Balasannya, ALLAH menjadikan aromanya dan aroma anak-anknya sedemikian harum menyebar di langit.Rasulullah SAW mencium aroma wangi itu mana kala ketika beliau sedang melaksanakan Mi'raj kelangit dimalam ia disra' kan.
Lantas Rasulullah bertanya kepada jibril tentang sumbernya,maka jibril menceritakan bahwa bau harum ini berasal dari wanita penyisir purti fir'aun dan anak-anak wanita tersebut.
        Wanita ini hidup di istana fir'aun.tugasnya adalah melayani putrinya.dia menyisir rambutnya dan mengurusi utusannya. Orang seperti ini pastilah orang yang mulia,dihormati,dan hidup enak.akan tetapi, iman menyusupi hatinya dan menguasai urusannya, sebagaiman iman juga menguasai hati ibu ratu,istri fir'aun.iman selalu m3nemukan jalan ke dalam hati orang-orang kaya,seperti ia menemukan jalan kedalam hati orang-orang miskin manakala ALLAH menginginkan kebaikan untuk hambanya.
          Wanita ini menyembunyikan imannya seperti halnya istri fir'aun dan seorang mukmin dari keluarga fir'aun."dan seorang laki-laki yang beriman diantara pengikut-pengikut fir'aun yang menyembunyikan imannya." (QS.Ghafir:28). Walaupun seseorang untuk menutupi apa yang ada di dalam hatinya,tetap saja akan terbaca melalui tindak-tanduk,herakan prilaku,dan ucapan-ucapannya.kadang-kadang seseorang akan lupa akan dirinya sendiri dan dia berpola berdasarkan pada tabiatnya.
           Hal ini terjadi pada wanita ini. Sisirnya jatuh dari tangannya ketika dia menyisir rambut putri fir'aun,dan dia berkata 'bismillah',sebuah ucapan yang mengalir di lidah kaum muslimin secara spontan. Mereka mengucapkannya tatkala kaki mereka terpeleset, atau salah seorang anak mereka terjatuh,atau ketika pisau atau pena terjatuh dari tangan mereka.
           Putri fir'aun terkejut mendengar ucapannya. Dia pitri yang tidak mengerti,bahkan dia sangat membangakan bapaknya. Dia menganggapnya sebagai tuhan,seperti anggapan bapaknya terhadap dirinya,maka dia bertanya,"Bapakku?" (Yakninorang yang kamu sebut namannya itu apakah bapakku).lantas wanita itu menolak  mengakui fir'aun s3bagai tuhan yang diklaimnya. Dia telah bertekan untuk bersikap tegas sebagai konsekuensi dari iman,tanpa khawatir terhadap akibat buruk yang mungkin menimpanya dan anak-anaknnya.oleh karna itu,dia menjawab secara terbuka.keterbukaan yang menyimpan tanyangan.dia tidak cukup mengatakan," ALLAH adalah tuhanku" akan yetapi dia mengatakan"ALLAH adalah tuhanku dan tuhan bapakmu".
          Pada saat itu putri fir'aun berkata,"aku akan laporkan hal ini kepada bapakku" Dia bertanya jika wanita itu setuju apabila hal ini di laporkan kepada raja,tentang imannya kepada ALLAH dan pengingkarannya terhadap fir'aun, maka wanitu iyu menjawab,"ya".
           Munhkin putri fir'aun,dinbalikmpertanyaan ini, ingin wanita itu bertekuk lutut memohon kepadanya  agar tidak mengatakan rahasianya kepada raja demi keselamayannya dan anak-anaknnya. Sebagian orang ada yang mendapatkan kenikmatan tersendiri jika orang lain bertekuk lutut dan memohon-mohon kepadanya.
Atau mungkin dia ingin menjadi pemegang kunci rahasia wanita tersebut, agar ia bersedia membantunya mewujudkan tujuan dan ambisinya, Di istana thaghut seperti Fir'aun banyak sekali pos-pos kekuatan yang masing-masing berusaha mewujudkan ambisi dan tujiannya,mereka memerlukan para pendukung  baik laki-laki maupun perempuan yang dijadikan sebagai kepanjangan tangan mereka demi kemaslahatan mereka dan menjadi pelaksana lapangan bagi rencana-rencana mereka. Hal ini dibuktikan oleh kenyataan oleh bahwa putri fir'aun tidak segera menyampaikan berita itu kepada bapaknya, akan tetapi dia bertanya kepadanya tentang hal itu. Pertanyaan tersebut menunjukkan adanya udang di balik batu.
             Akan tetapi,wanita shaliha ini telah mengambil keputusan yang pasti. Dia tidak memohon dan tidak meminta kepada putri raja agar merahasiakan perkataannya. Dia mengijinkan menyampaikan hal tersebut, ibu mulia ini sepertinya telah lelah menyembunyikan imannya. Orang yang menyembunyikan imannya pastilah menemui keaulitan yang paling berat,sia harus menyembunyikan shalatnya ,puasanya dan do'anya, jika perkaranya hampir terbongkar,dia akan menemukan kesuliitan dalam mencati alasan dari prilakunya,baik berupa ucapan maupun perbuatan.
             Orang seperti ini jusyru secara terbuka dengan sengaja menampakkan imannya, mereka sengaja jika rahasia mereka diketahui dan keadaan mereka dikenal,walupun akibat-akibat buruk meaki mereka rasakan di balik itu.
Seandainnya wanita ini meminta kepada putri fir'aun agar tidak mengatakan kepada bapaknya,maka ia akan menjadi tawannya,dia akan mengancam dan menakut-nakutinya maka ia akan hidup terus diliputi ketakutan.
           Putri fir'aun yang membanggakan bapaknya , sithaghut besar,menyampaikan rahasia wanita tukang sisirnya, maka fir'aun memanghil dan bertanya kepadanya. Dia pun berkata jujut dengan mengaku bahwa ALLAH adalah tuhannya dan tuhan fir'aun.
Sikap yang diambil oleh wanita adalah contoh yang selalu terjadi dan untuk selama-lamnya,yetapi ia istimewa,ia adalah contoh nyata tentang unggulnya iman di atas kekufuran dan kedurhakaan. Iman tanpa senjata dan kekuatan manusia,pemiliknya menunjukkannya meski dengan resiko besar  dan akibat buruk yang tidak ringan, akan tetapi di balik itu dia berharap meraih kehidupan mulia di sisi ALLAH di surga kenikmatan.
          Thaghut initidak memiliki cara lain kecuali dengan cara yang telah disiapkannya untukmotang-orang yang mengingkari ketuhannya. Dia menhadirkan sebuah alat yang berbentuk sapi dan di bawahnya dinyalakan api sampai benar-benar panas,selanjutnya wanita itu dan anak-anaknya dilemparkan ke perut sapi iti , sebuahntungku fengan panas yang menyala-nyala.
Wanita ini lalu meminta satunpermintaan kepada fir'aun,sebuah permintaan yang bukan meriupakan ketundukkan, kepasrahan,harapan dan ataupun kerendahan. Lalu fir'aun mengira azab yang seperti ini bisa membuatnya murtad dari agamanya, akan yetapi wanitamini tidak melakukan semua itu, yang dia pinta hanya agar sisa-sisa tubuhnya dan anak-anaknya yang terbakar  dikumpulkan di dalam sepotong kain lalu di kubur jadi satu,fir'aun pun lalu menyanggupinya,
          Sebagai orang yang mengira bahwa wanita ini telah berbuat bodoh terhadap anak-anaknya mana kala dia menyeret mereka kedalam musibah besar yang menimpa mereka. Akan tetapi, orang seperti wnita ini mempunyai cara pandang yang berbeda. Dia melihat bahwa apa yang dilakukannya kepada anak-anaknnya  mengandung kebaikan besar bahi mereka di sisi ALLAH manakala mereka menghadap kepadanya.
Sebelum fir'aun melemparkan wanita ini kedalam tungku besar tersebut, dia yerlebih dahulu melemparkan anak-anaknya dengan harapan wanita ini bersedia meninggalkan agamanya lantaran melihat bagaiman api membakar anak-anaknya sebelum membakar dirinya.
Dalam kondisi saat ini seorang ibu pasti terkoyak hatinya dengan kepedihan yang mendalam,akan tetapi sikap yang di ambilnya,kesabaran dan keteguahan yang dimilikinya menunjukkan tingkat iman yang di taih oleh ibu ini, aleh karna itu, tidaklah mengherankan aroma dan bau mereka tercium oleh rasulullah SAW di langit. Wanita ini adalah wanita agung di sisi ALLAH, kerendahannya di depan fir'aun dan bala tentaranya adalah kebesarannya di hadapan ALLAH dan malaikat-malikatnya.
          Rasulullah SAW menyampaikan kepada kita bahwa hati wanita ini teriris dan dia merasakan kepedihan yang mendalam mana kala anaknnya yang masih bayi hendak dilemparkannya ke dalam api. Wanita ini sepertinya maju mundur dan berfikir untuk menyurutkan langkahnya, akan tetapi anaknya meneguhkannya, ALLAH membuat bayi nya mampu berbicara sebagai pemompa semangatnya  supaya imannya bertambah dan meumbuktikan kebenaran imannya. Bayinya berkata kepadanya, "wahai ibu, masuklah karena azab dunia lebih ringan dari adzab akhirat."
Bayi itu tidak meminta kepada ibunya agar tidak bersedih atasnya atau memikirkannya, dia berbicara kepada ibunya dalam urusan seoarang ibu, anaknitu meminta kepada ibunya supaya bersabar atas apa yang akan menimpanya,katena azab dunia lebih ringan dibanding azab akhirat. Inilah hiburan besar yang di peruntukkan kepada orang-orang yang menghadapi kematian dan pembunuhan di jalan ALLAH, oleh sebab itu begitu dia mendengar ucapan bayinya, ibu ini tadak menunggu mereka melemparkannya, diapun masuk kedalam tungku dengan panas yang menyala-nyala.
Oleh karna itulah ALLAH memuliakan dengan membalikan aromanya menjadi aroma yang harum dan mewangi yang tercium hingga seluruh seantero langit,sungguh beruntung wanita ini dan merugilah fir'aun.wanita ini mati seperti fir'aun juga mati,keduanya pergi kepada tuhannya,fir'aun dan bala tentaranya di alam barzakh dimana api neraka di tempatkan kepadanya pafi dan sore, dan pada hari kiamat dia memimpin kaumnya lalu menjerumuskan mereka kedalam api neraka. Sementara ibu ini dan anak-anaknnya bernikmat ria dengan derajat yang tinggi, dan pada hari kiamat nant



Semoga ALLAH meninggikan derajat kita di sisinya seperti halnya derajat ibu dan anak-anaknya yang telah di bakat hidup-hidup oleh fir'aun dan bala tentaranya.

Comments

  1. Semoga bisa menjadi panutan hidup kita, agar menjadi manusia yang lebih taat atas perintah ALLAH,,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BULAN RAMADHAN YANG AGUNG

PERINGATAN AZAB JAHANAM