"ULAMA" AKHIR ZAMAN

        Nabi Muhammad Saw.bersabda,"akan ada pada akhir zaman nanti orang-orang beribadah yang bodoh dan ulama yang menyimpang."
Itulah ulama yang jahat,yang tujuan ilmunya untuk kemewahan dunia dan sebagai jembatan untuk mendapatkan kemuliaan dan kedudukan di hadapan pemilik-pemilik dunia.
        Umar ra.juga berkata,"sesungguhnya sesuatu yang sangat aku khawatirkan terhadap umat ini adalah orang munafik yang alim." Mereka bertanya,"bagaimana orang munafik dapat menjadi orang yang alim?"dan dia berkata,"Alimdalam lidahnya dan bodoh hati dan amalanya."
        Fudhail bin iyadh berkata,"sesunghuhnya aku benar-benar kasihan terhadap tiga orang. Bangsawan,suatu kaum yang telah menjadi hina,orang kaya dari suatu kaum yang telah menjadi fakir dan orang alim yang di permainkan dunia." Al-Hasan nerkata,"siksaan ulama adalah kematian hati,sedangkan kematian hati adalah mencari dunia dengan perbuatan akhirat."
         Nabi Muhammad Saw. bersabda,"sesungguhnya ada orang alim benar-benar di siksa dengan sebuah siksa, dan mengelilinginya penghuni-penghuni neraka karena menganggap besar kedahsyatan siksanya." 
Yang di maksud beliau dengan orang itu ialah orang alim yang fajir (menyimpang). Usamah bin zaid berkata,"aku mendengar Rasulullah Saw.bersabda," Akan di datangkan seorang alim pada hari kiamat,lalu di lemparkan kedalam neraka. Terburailah usus-usunya,lalu dia nerkeliling menyeretnya, sebgaiman seekor keledai berputar membawa penggilingan. Berkumpulah penghuni neraka padanya dan mereka berkata,"Mengapa kamu ini?"Dia berkata,"aku telah memerintahkan kebaikan dan aku sendiri tidak melakukannya."
Allah Swt berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka."
(Qs.An-Nisa:145)

           Allah Swt menyiksa mereka karena mengingkari setelah mengetahui. Dan mereka menjadikan orang-orang yahudi lebih jahat dari pada orang-orang Nasrani. Padahal mereka tidak menjadikan anak bagi Allah Swt.dan tidak pula mereka mengatakan,"sesungguhnya Allah adalah ketiga dari Tuhan tiga." Hanya saja, mereka mengingkari setelah makrifat lebih dahulu.
Allah Swt berfirman:
"Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah kamikan kepadanya ayat-ayat kami (pengetahuan tentang isi Al-Kitab),kemudian mereka melepaskan diri dari ayat-ayat itu,lalu dia diikuti oleh setan (sampai dia tergoda) maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat."
(Qs.Al-A'raf:175)

         Nabi Muhammad Saw.bersabda,"sungguh aku lebih mengkhawatirkan dari selain Dajjal atas kamu dari pada Dajjal." Lalu ditanyakan kepada beliau,"apa itu?" Beliau bersabda, "yaitu pemimpin-pemimpin yang menyesatkan."

        Demikianlah orang alim yang fajir. Karena sesungguhnya Bal'am telah diberi kitab Allah, lalu di cenderung kepada kesenangan-kesenagan nafsu. Bal'am lalu di umpamakan dengan anjing. Yakni sama saja , baik dia diber hikmah atau tidak,dia akan tetap menjulurkan lidahnya (maju) kepada kesenangan nafsu.
Isa as.berkata,"perumpamaan ulama yang jahat seperti sebuah batu yang jatuh pada kulut sungai. Tidaklah dia menyerap air dan tidak pula dia membiarkan air itu lolos menuju kearah tanaman."
Allah Swt berfirman:
"Maka mengapa kamu ( terpecah) menjadi dua golongan dalam (menghadapi) orang-orang munafik. Padahal Allah telah mengembalikan mereka (kedalam kekafiran) disebabkan usaha mereka sendiri? Apakah kamu bermaksud memberi petunjuk kepada orang yang telah dibiarkan sesat oleh Allah? Barang siapa dibiarkan sesat oleh Allah. Kamu tidak akan mendapatkan jalan (untuk memberi petunjuk) baginya.
(Qs.An-Nisa:10)

Allah Swt berfirman:
"Tidaklah engkau meperhatikan orang-orang munafik yang berkata kepada saudara-saudaranya yang kafir di antara Ahli Kitab,"sungguh jika kamu di usir niscaya kami pun akan keluar bersama kamu, dan kami selama-lamanya tidak akan patuh kepada siapapun demi kamu, dan jika kamu di perangi pasti kami akan membantumu," Dan Allah menyaksikan , bahwa mereka benar-benar pensusta."




Semoga Allah memberi kita petunjuk dari kebingungan-kebingungan akhir zaman ini.
       

Comments

Popular posts from this blog

Kisah wanita penyisir putri fir'aun

BULAN RAMADHAN YANG AGUNG

PERINGATAN AZAB JAHANAM