ORANG-ORANG YANG MENYESAL KETIKA HARI PEMBALASAN


KEADAAN MANUSIA DI HARI PEMBALASAN


Allah berfirman:
"Sungguh, hari kiamat itu akan datang, aku merahasiakan (waktunya) agar setiap orang di balas sesuai dengan apa yang telah dia usahakan."
(QS.TA HA:15)

Sungguh beruntung orang-orang islam, yaitu orang-orang yang telah mempersiapkan bekal ketika datangnya hari kiamat.
Yang pada hari itu setiap orang akan sibuk dengan urusannya masing-masing, setiap keluarga akan melupakan saudaranya,seorang suami akan melupakan istrinya. Dan pada saat itu,hanya bekal berupa amal lah yang akan menjadi teman sejati.
Betapa ngerinya keadaan pada saat itu, yaitu ketika kekayaan tak bisa lagi menentramkan, ketika seorang penguasa tak dapat lagi berkuasa,dan ketika kekuatan sudah tak mampu lagi untuk membentengi diri.

Betapa besarnya penyesalan pada setiap orang yang telah mendustakannya.yang pada saat itu penyesalan mereka sudah tak berguna lagi untuknya.
Allah berfirman:
"Sungguh rugi orang-orang yang mendustakan pertemuan dengan Allah. Sehingga apabila kiamat datang kepada mereka secara tiba tiba,mereka berkata,"alangkah besarnya penyesalan kami terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu,"sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Alangkah buruknya apa yang mereka pikul itu."
(QS.AL-AN'AM:31)

Lihatlah, Allah sudah mengetahui akan orang-orang yang menyesal sambil memikul beban dosa mereka.saat hidup di dunia mereka melalaikan apa yang harus mereka persiapkan untuk hari yang sangat besar itu,bahkan, mereka mendustakan apa yang sudah Allah janjikan terhadap hari pembalasan.
Ketika benar-benar telah datang hari itu, barulah mereka sadar,bahwa betapa ruginya mereka karena sudah melalaikan apa yang harus mereka kerjakan.
Allah berfirman:
"Dan mereka berkata,"apakah bila kami telah lenyap (hancur) di dalam tanah. Kami benar-benar dalam ciptaan yang baru? Bahkan (sebenarnya) mereka mengingkari pertemuan dengan Tuhannya."
QS.AS-SAJADAH:10

"Dan (alangkah ngerinya),jika sekiranya kamu melihat orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya. (Mereka berkata)."ya tuhan kami,kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), niscaya kami akan mengerjakan kebajikan.sungguh, kami adalah orang-orang yang yakin."
QS.AS-SAJADAH:12

Mulai saat ini, marilah kita berfikir tentang hari yang sangat meneganggkan itu.hari yang ketika semua catatan amal baik dan amal buruk telah di tutup,hari ketika mulut yang selalu berdusta tapi tak mampu lagi berbicara.
Maka,dimanakah letak kekuatan manusia pada saat itu.
Tetapi beruntunglah bagi orang-orang telah tunduk dan taat atas perintah Allah ketika di dunia, mereka rela meninggalkan kesenangan dunia demi kehidupan akhirat,bahkan mereka rela menjadi orang yang hina di pandang dunia demi ketaatannya ke pada Allah.karena, mereka sangat meyakini kehidupan yang sesungguhnya ialah kehidupan akhirat.





Ya rabb,,,jadikanlah kami orang-orang yang slalu ingat akan hari pembalasan itu,
Jadikan lah kami dari sebagian orang-orang yang selalu tunduk dan taat atas perintah mu,
Dan jadikanlah kami dari sebagian orang-orang yang dapat naungan dari sisimu yang ketika saat itu tak ada satupun yang dapat menaungi kami..



Comments

Popular posts from this blog

"ULAMA" AKHIR ZAMAN

3 PERKARA YANG SELALU DI PUNGKIRI MANUSIA

AGUNGnya HARI JUM'AT