PERINGATAN AZAB JAHANAM

     Bukhari meriwayatkan, paling banyak doa nabi Muhammad Saw. Adalah, "ya Tuhan kami , berikanlah pada kami kebaikan dunia dan akhirat, peliharalah kami dari siksa neraka," bahwa Nabi Muhammad Saw. Pernah berkhutbah, " janganlah kamu melupakan dua hal yang besar, yaitu surga dan neraka." Lalu beliau menangis sampai membasahi jenggotnya. Kemudian bersabda, "Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya. Seandainya saja kamu mengetahui apa yang aku ketahui mengenai perkara akhirat, tentu kmu akan berjalan di atas tanah lapang dan tentu kamu akan menaburi debu dia atas kepalamu." Ath-Thabrani di dalam Al-Ausath berkata, " Jibril datang kepada Nabi Muhammad Saw. Di sebuah waktu yang tidak seperti waktu biasanya di mendatangi beliau. Rasulullah berdiri dan bersabda, "Hai jibril, mengapa aku melihatmu berubah warna?" Jibril berkata," aku tidak datang kepadamu, sehingga Allah telah memerintahkan dengan menghembus-penghembus neraka." Rasulullah Saw bersabda. "Hai jibril turunkanlah sifat-sifat jahanam kepadaku. "Jibril berkata, " sesungguhnya Allah Swt. Memerintahkan jahanam, lalu dinyalakan dia selama seribu tahun sehingga menjadi putih. Kemudian memerintahkan lagi dan dinyalakan seribu tagun, sehingga menjadi merah. Lalu memerintahkan lagi dan dinyalakan selama seribu tahun sehingga menjadi hitam. Jadi dia hitam,gelap dan tidak bercahaya percikan apinya serta tidak pernah padam jilatan apinya. Demi Tuhan yang telah mengutusMu dengan Haq, seandainya seorang malaikat jahanam muncul kepada penghuni dunia, tentu orang-orang di bumi akan mati karena keburukan wajah dan kebusukan baunya. Dan demi Tuhan yang mengutusMu dengan Haq, seandainya sebuah mata dari mata-mata rantai penghuni neraka yang diturunkan Allah dalam kitab-Nya itu di letakkan di atas gunung-gunung dunia, tentu dia akan membenarkannya dan tidak membawa, kecuali setelah sampai pada bumi yang terbawah. Rasulullah dan Jibril menangis tidak henti-henti, sehingga dipangilah mereka, "Hai jibril dan Muhammad, sesungguhnya Allah telah menjamin kamu berdua dari mendurhakai-Nya. maka baliklah Jibril dan keluarlah Rasulullah Saw. Lalu beliau melewati sekelompok orang dari Anshar sedang tertawa-tawa dan bermain-main. Beliau bersabda, " adakah kamu tertawa sedang di belakangmu terdapat jahanam? Seandainya kamu mengetahui apa yang aku ketahui, tentu kamu akan sedikit tertawa dan banyak menangis, kamu tidak lagi dapat memasukkan dengan nyaman makanan dan minuman, dan kamu akan keluar ke Padang-Padang luas merendahkan dirinya kepada Allah Azza wa jallah." Beliau di panggil, " Hai Muhammad, janganlah kamu membuat putus asa hamba-hamba Ku. Sesungguhnya Aku mengutusmu tidak sebagai orang yang menyulitkan. "Lalu Beliau bersabda, "benarkanlah dan berbuat sedanglah. " Diriwayatkan, sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. Bersabda kepada Jibril. "Mengapa aku tidak pernah melihat Mika'il tertawa sama sekali? Dia berkata, " Mika'il tidak tertawa lagi sejak neraka diciptakan.
     Ka'b berkata, "sesungguhnya kulit anak cucu Adam dibakar dan diperbarui dalam satu jam atau dalam sehari enam ribu kali. "Umar berkata,"engkau benar." Dari Al-Baihaqi, sesungguhnya Hasan Al-Bashri berkata mengenai ayat itu," setiap api itu memakan mereka di katakanlah pada mereka, "Kembalilah kamu seperti semula." lalu Kembalilah mereka seperti semula."
Ibnu Majah meriwayatkan, "dilepaslah tangisan atas penghuni-penghuni neraka. Lalu mereka menangis, sehingga kering air matanya. Kemudian mereka menangis dengan darah, sehingga wajah mereka membentuk seperti parit-parit. Seandainya perahu-perahu dilepas disitu tentu akan dapat berjalan.

Comments

Popular posts from this blog

Kisah wanita penyisir putri fir'aun

BULAN RAMADHAN YANG AGUNG